Minggu, 01 Januari 2017

Gambaran Umum

DESA GLAPANSARI


Desa Glapansari yang terletak di ketinggian 700 m dari permukaan laut dan berjarak 6 km dari ibu kota kecamatan Parakan dan 18 km dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas 505,68 ha yang terbagi dalam lahan sawah dan lahan bukan sawah. Dari Lahan sawah bukan sawah dipergunakan untuk Bangunan/pekarangan, Tegal/Ladang/Huma, Hutan Negara/Rakyat dan Lahan lainnya.
Desa Glapansari terdapat 5 dusun yang terdiri dari 5 Rukun Warga (RW) dan 20 Rukun Tetangga (RT) dan terdapat 829 Rumah tangga. Jumlah penduduk 3.059 jiwa terdiri dari 1.547 jiwa Laki-laki dan 1.512 jiwa Perempuan.
Penduduk usia 10 tahun keatas bermata pencaharian Petani tanaman pangan, Peternak, Petani perkebunan, Listrik, Gas & Air Minum, Bangunan, Perdagangan, Hotel & RM, Pengangkutan & komunikasi, Jasa-jasa dan lainnya.  Untuk sumber air minum berasal dari Mata air. Dan untuk penerangan 746 menggunakan PLN, - rumah tangga menggunakan penerangan lain non PLN dan - rumah tangga menggunakan penerangan lainnya.
Dalam bidang pendidikan banyaknya penduduk di atas 5 tahun yang Tamat PT/Universitas - orang, Tamat Akademi 6 orang, Tamat SLTA/sederajat 41 orang, Tamat SLTP/ sederajat - orang, Tamat SD/sederajat 711 orang, Tidak tamat SD - orang, Belum tamat SD - orang dan Belum/ tidak sekolah 242 orang. Untuk sarana pendidikan terdapat 1 unit TK, 2 unit SD, - unit MI, - unit SMP/Mts dan - unit SMU. Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan - unit Puskesmas, - Puskesmas pembantu, 4 unit Posyandu, 1 unit Polides, 1 orang Dokter Umum, - orang Dokter Gigi, 3 orang Bidan/Perawat/Mantri dan  3 orang Dukun Bayi.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Padi dan Jagung. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe Besar dan Cabe Kecil. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Tembakau. Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi, Kambing/domba, Ayam buras dan Itik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar